“Kabut lagi... Kabut lagi...”

>> Jumat, 22 Agustus 2008

Tentu para blogger pernah mendengar berita bahwa kabut menyelimuti beberapa kota besar di Indonesia bahkan selain menutupi daerah di Indonesia asap kabut kadang menyeberang kenegara tetangga seperti Malaysia dan juga Singapura. Dikotaku Palangkaraya (Kalimantan Tengah) hal itu merupakan hal yang biasa terjadi dikala musim kemarau telah tiba. Penyebabnya ialah pembukaan lahan baru dengan cara pembakaran hutan. Cara pengolahan lahan seperti ini sebenarnya sudah dilarang oleh pemerintah, namun para penduduk masih menerapkan cara kuno ini.

Alasan yang sering mereka lontarkan ialah pembukaan lahan baru dengan membakar lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan cara yang lain. Ya ... mungkin karena kepolosan mereka itulah maka sosialisasi yang dilakukan pemerintah acapkali tidak diindahkan oleh mereka. Apabila kebakaran hutan sudah terjadi maka otomatis sedikit demi sedikit hutan yang dulunya hijau terhampar luas berubah menjadi abu dan asapnya... membuat para penduduk kotaku terserang penyakit ISPA.
Untuk itulah maka sekarang pemerintah menerapkan suatu peraturan baru mengenai pembakaran hutan/lahan. Apakah cara itu berhasil??? Jawabannya hanya bisa terjawab saat musim kemarau datang apabila masih berkabut tandanya belum berhasil nah kalo kabutnya udah ngga ada berarti berhasil he..he..

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP