"Pasarku..."

>> Kamis, 11 September 2008

Ditengah pagi buta dan dikala sang fajar belum menunjukan cahayanya aktifitas pagi dipasar besar telah dimulai. Ditengah sebagian orang terlelap tidur para pedagang dipasar besar mulai berkumpul mengatur dagangan dari mobil-mobil pick up yang mereka gunakan satu persatu. Sayur-mayur, buah-buahan, lauk-pauk, dan aneka bahan pokok mulai dijajakan untuk para pelanggan. Meskipun belum begitu ramai namun para pedagang setia menunggu para pelanggan yang akan membeli barang jualannya.

Kadang kala, mereka menyempatkan sedikit waktu menunggu dengan bercanda antar sesama pedagang ataupun sekedar mengisi perut yang mulai keroncongan. Dengan penuh harapan agar dagangannya dapat laku dan habis dibeli oleh para pembeli mereka terus menunggu dan menunggu. Apabila hujan datang barang dagangan mereka tidak terbeli oleh para pembeli atau busuk sehingga mereka kadang menurunkan harga serendah mungkin agar mereka tidak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sekitar pukul setengah lima kepadatan mulai menyertai pasar besar. Hiruk pikuk kendaraanpun mulai mewarnai pasar memecahkan keheningan pagi. Kegiatan tawar-menawar harga dan proses jual-belipun terjadi. Para pembeli satu persatu berdatangan silih berganti dipasar itu. Bagi para pedagang yang dagangannya habis pada hari itu maka segera mereka meninggalkan area pasar untuk menyiapkan barang dagangan untuk esok pagi. Namun bagi para pedagang yang dagangan yang belum habis maka mereka menunggu sampai saat pasar itu tutup.
Begitu dan begitu seterusnya roda kehidupan berputar dan berputar meninggalkan secerca harapan dipagi esok agar barang dagangan yang mereka jual dapat laku terbeli sehingga mereka mendapatkan keuntungan dan bukan kerugian.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP